UU ITE PERLU DIREVISI KEMBALI

UU ITE PERLU DIREVISI KEMBALI
Oleh: Mashruhan
“ Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nam baik”
Itulah cuplikan dari isi Undang-Undang dan Transaksi Elektronik ( UU ITE) pasal 27 ayat 3 Undang-Undang nomor 11 tahun 2008. Bicara mengenai Undang-Undang tersebut maka kita akan teringat pada dua orang yang terjerat pada Undang-Undang itu, yaitu Luna Maya dan Prita Mulyasari. Untuk kasus Luna Maya adalah polmik dia dengan Infotaiment, yaitu pada masalah ketika Luna Maya dalam dunia maya Facebook dan Twitternya dia menulis tentang tingkah laku infotainment saat wawancara dengan dia. Setelah ditinjau ulang, ternyata didalam Facebook dan Twitternya tersebut Luna Maya tidak secara definitive menyebut siapa dan lembaga pelakunaya.
Sedangkan untuk kasus pada Prita Mulyasari juga sama, yaitu pada dunia maya. Kasus Prita Mulyasari adalah perseteruan antara Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutra Tangerang, yang mana saat dirawat di rumah sakit tersebut dia tidak mendapatkan kesembuhan, malah penyakitnya bertambah parah. Dan pihak rumah sakit tidak memberikan keterangan secara pasti mengenai penyakit dan tidak memberikan surat keterangan medis yang dibutuhkan. Seteleh itu Prita Mulyasari mengeluhkan tentang pelayanan rumah sakit tersebut lewat surat elektronik yang kemudian menyebar ke dunia maya. Mengetahui hal tersebut, pihak Rumah Sakit Omni Internasional mengadukan ke hokum karena merasa dicemarkan nama baiknya.
Mengenai dunia maya, hal tersebut sudah menjadi hal yang populer di masyarakat. Maka ada istilah masyarakat maya di dalam kajian ilmu Sosiologi Komunikasi, masyarakat maya adalah sebuah fantasi manusia tentang dunia lain yang lebih maju dari dunia saat ini yaitu dalam hal teknologi. Masyarakat maya membangun dirinya dengan mengandalkan sepenuhnya pada interaksi sosial dan proses sosial dalam kelompok ( jaringan ) intra dan antarsesama anggota masyarakat maya. Dalam masyarakat maya terdapat jaringan sosial, yang berfungsi untuk menghubungkan antara masyarakat maya dengan masyarakat maya lainnya.
Dalam Teorinya Graf mengenai jaringan sosial, bahwa jaringan adalah suatau struktur yang dibuat dari yang node yang biasanya individu atau organisasi. Analisis jaringan sosial telah muncul sebagai teknik kunci didalam sosiologi modern, ilmu pengetahuan informasi, dan lain-lain. Dengan jaringan sosial, terutama di internet yaitu pada dunia maya, maka segala informasi yang baru akan dapat diketahui. Seperti halnya pada kasus Luna Maya dan Prita Mulyasari.
Dengan adanya kasus Luna Maya dan Prita Mulyasari yang terjerat oleh UU ITE, maka Departemen Komunikasi dan Informasi ( DepKominfo ) mengisyaratkan setuju untuk merevisi Undang-Undang ( UU ) No 18 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika, hal itu karena merupakan desakan dari kalangan dan merupkan aspirasi masyrakat. Walaupun UU ITE direvisi, hal tersebut tidak menghambat kerja Pers dan Infotainment untuk meliput berita, tetapi dengan cacatan isi berita tersebut tidak mefitnah, tidak merugikan pihak lain, serta tidak ada pembunuhan karakter. Ada pula catatan penting, bahwa dalam pengunaan Facebook, Twitter, maupun teknologi dunia maya harus digunakan untuk aktivitas yang baik dan tidak digunakan untuk tujuan yang lain yang menyimpang. Sehingga hal itu kan dapat mencegah terjadinya kasus seperti Luna Maya dan Prita Mulyasari.

Published in: on January 13, 2010 at 4:53 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ruhaen.wordpress.com/2010/01/13/uu-ite-perlu-direvisi-kembali/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: