PERKEMBANGN TRANSPORTASI PUBLIK

PERKEMBANGN TRANSPORTASI PUBLIK
Oleh: Mashruhan
Istilah Transportasi Publik sudah kita sering dengar di masyarakat, sebenarnya apa sih yang dinamakan Transportasi Publik?. Transportasi Publik merupakan seluruh alat transportasi di mana para penumpang tidak bepergian mengunakan kendaraannya mereka sendiri. Transportasi public pada umumnya merupakan alat transportasi yang sejenis kereta, bis, akan tetapi juga ada yang termasuk pelayanan maskapai penerbangan, kapal feri, taxi, dan lain-lain. Transportasi public merupakan sarana transportasi yang mana setiap daerah pasti mempunyai serta merupakan sarana transportasi yang utama.
Dengan adanya transportasi public, merupakan sarana yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemacetan yang sekarang ini sering terjadi, terutama di daerah perkotaan-perkotaan besar, seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Contohnya saja di kota Bandung, kalau kita melihat secara sepintas mengenai pertumbuhan lalu lintas di kota Bandung mestinya hal tersebut perlu menjadi perhatian semua pihak. Dari kendaraan umum hingga kendaraan pribadi menyababkan kemacetan yang cukup parah di seluruh jalan utama kota Bandung. Hingga para pejalan kakipun ketika akan menyebrang jalan merasakan kesulitan dan tidak mudah. Wilayah-wilayah di kota Bandung, seperti wilayah perkantoran, perdagangan, dan pertokoaan penuh dengan tempat parkiran yang padat, sehinnga hal ini semakin menambah kemacetan pada saat kendaraan keluar masuk untuk parkir masing-masing. Kemacetan juga akan sangat meningkat ketika pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu, khususnya di daerah wisata-wisata.
Contoh diatas merupakan sebagian kecil dari contoh-contoh daerah yang mengalami kemacetan akibat kendaraan. Sehingga dengan adanya transportasi public dapat mengurangi kemacetan dan menurunkan tingkat pengunaan pribadi. Transportasi publick adalah kendaraan monorail yaitu kendaraan persilangan dari arah utara ke selatan, dari arah timur ke barat. Dampak dari monorail adalah untuk menurunkan tingkat pengunaan kendaraan pribadi.
Terminal transit untuk transportasi publik yang diatur pada titik penting pusat-pusat keramaian usaha, dan lokasi-lokasi penting, akan dapat menghidupkan aktivitas bagi peluang kemajuan usaha. Banyak orang akan tertib waktu dalam bekerja, proses produksi dan perlintasan barang akan lebih tepat waktu, dan roda perekonomian akan berputar cepat.
Di Jakarta transportasi publik sudah mengalami kesuksesan yaitu dengan adanya busway Transjakarta. Bus Transjakarta mengalami kesuksesan sebagai transportasi public yang berhasil mengangkut penumpang hingga 75 juta sepanjang tahun 2009 berdasarkan perhitungan pada yang dilakukan di kantor pengelola Tranjakarta. Dengan kesuksesan bus Transjakarta, pemerintah DKI Jakarta semakin termotivasi untuk melakukan upaya peningkatan transportasi public di tahun 2010. Bus Tranjakarta sudah mempunyai jalur sendiri-sendiri, sehingga ini akan mengurangi kemacetan pada jalan-jalan di ibukota.
Lain di Jakarta, lain pula di Yogyakarta, di Yogyakarta untuk transpotasi public juga sudah mengalami kesuksesan. Transportasi public yang terkenal di Yogyakarta adalah Bus Transjogja, bus ini juga menjadi kendaraan yang sudah tidak lagi asing di telinga masyarakat jogja dan para wisata yang berkunjung ke kota jogja. Yang menjadi titik kelemahan jalannya bus Tranjogja adalah tidak adanya jalur sendiri seperti di kota Jakarta, hal tersebut di sebabkan Karena wilayah kota jogja yang sudah padat, sehingga kadang kala bus Transjogja juga menglami kemacetan. Tarif untuk kendaraan Transjoga ini berbeda-beda sesuai dengan tarif penumpang yang berlaku.
Dengan adanya perkembangan transportasi public apakah hal tersebut tidak berdampak pada sopir kendaraan lain, seperti sopir Taxi, sopir bus dan angkutan umum, atau sopir kendaraan rakyat yang lainnya? Kiranya itulah yang harus kita perlu kita kaji secara mendalam. Sehinnga kalau diperhatikan maka untuk merugikan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain adalah dengan cara mengukur pengunnan transportasi public tersebut, yaitu dengan cara perhitungan harga tiket perjalanan berlangganan prabayar, tiket atau bayar tunai dengan jarak tujuan, jumlah jam perjalan operasional, serta ada jarak-jarak yang menjadi batasan dalam perjalanan transportasi public tersebut.

Published in: on January 13, 2010 at 4:38 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ruhaen.wordpress.com/2010/01/13/27/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: